Menanamkan Minat Baca Pada Anak

By Admin

nusakini.com - Buku adalah gudangnya ilmu yang merupakan sumber aneka ilmu pengetahuan sehingga  dapat meningkatkan wawasan dan membuat kita tahu lebih banyak tentang berbagai hal. Untuk itu kita harus menanamkan  kebiasaan membaca sedini mungkin pada anak-anak, sehingga mereka gemar  dan terus menggali ilmu dengan membaca.

Namun, bagaimana kita menanamkan kebiasaan baik ini sedini mungkin pada anak? Sehingga anak tidak menhadapi kesulitan saat mulai memasuki dunia sekolah, serta suatu saat membaca akan menjadi kegemarannya bahkan menjadi suatu  kebutuhan. Sebelumnya apakah kita pun sebagai orang tua sudah gemar membaca? Karena ini penting untuk menjadi contoh bagi anak agar termotivasi.

Membaca harus dilandasi dengan minat dulu serta ketertarikan agar mudah diwujudkan. Salah satu cara agar anak tertarik membaca adalah dengan sering membacakan suatu cerita kepada anak sejak mereka lahir, lebih baik lagi saat masih dalam kandungan. Hal ini akan bermanfaat untuk menumbuhkan minat baca pada anak. Serta dapat menjadikan anak lebih cerdas, pandai, percaya diri dan kreatif.

Disamping itu kita perlu memberikan referensi buku, majalah anak dan gambar-gambar yang sesuai dengan kesukaan serta minatnya. Susunlah buku-buku itu di tempat yang mudah dijangkau anak agar setiap saat mudah diambil. Ajaklah anak untuk mengunjungi toko buku dan arahkan pada kumpulan buku anak-anak. Buku yang dikhususkan bagi anak biasanya berisi pesan moral yang ingin disampaikan dan ini sekaligus dapat menjadi media untuk anak agar mengetahui hal yang baik dan buruk, yang boleh atau tidak boleh dilakukan. Berikan penjelasan dengan kalimat sederhana agar mudah dimengerti  bila anak bertanya.

Berikanlah pujian pada anak dengan tulus dan rasa bangga bila anak dapat mengeja dan membaca dengan lancar, agar anak merasa diperhatikan sehingga semangat membaca dan belajarnya semakin bangkit. (sr)